Search

Manfaatkan Aplikasi Konsultasi Online, Cek Kesehatan Jadi Lebih Cepat dan Mudah

Hidup di era digital membuat kita sangat bergantung pada teknologi. Hampir seluruh aspek dalam kegiatan sehari-hari, dari cara kita berkomunikasi hingga membuat keputusan dalam pekerjaan, selalu memanfaatkan teknologi. Apalagi, di tengah pandemi yang masih melanda, teknologi sangat dibutuhkan bagi pasien yang ingin mengakses fasilitas kesehatan tanpa perlu datang rumah sakit melalui konsultasi secara online, baik melalui aplikasi maupun website. Aplikasi kesehatan ini termasuk ke dalam Internet of (Medical) Things atau IOmT, yang bisa menjadi solusi teknologi terbaik untuk meningkatkan fasilitas konsultasi online antara dokter dengan pasien.


IOmT mencakup semua teknologi yang digunakan untuk berbagi, menganalisis, atau menyimpan informasi tentang pasien, termasuk riwayat penyakit, daftar rujukan pasien, dan lain sebagainya. Teknologi ini menyediakan portal pasien yang dapat diakses secara online dan sistem manajemen kesehatan yang terintegrasi. Teknologi yang termasuk ke dalam IOmT antara lain Telemedicine, yang secara spesifik digunakan untuk memberikan edukasi tentang kesehatan, memberikan perawatan klinis dari jarak jauh untuk merujuk pasien ke fasilitas kesehatan terdekat, hingga memberikan resep.


Konsultasi Kesehatan Online, Pilihan Cerdas Bagi Pasien di Tengah Pandemi

Salah satu fitur favorit pasien yang bisa diakses melalui aplikasi kesehatan adalah layanan konsultasi secara online, baik melalui pesan teks maupun video call. Untuk mengintegrasikan layanan konsultasi secara online ke dalam aplikasi, rumah sakit atau faskes perlu menyediakan dokter-dokter dengan kemampuan literasi digital yang cukup untuk memberikan rujukan, maupun memberi resep kepada pasien. Dengan fitur-fitur cek kesehatan secara mandiri melalui aplikasi, dokter juga bisa melihat riwayat penyakit pasien secara lengkap.


Aplikasi kesehatan berbasis Telemedicine mampu memantau keadaan pasien dengan cepat. Fitur-fitur cek kesehatan mandiri seperti cek detak jantung, alat ukur suhu badan, cek tekanan darah, cek gula darah, dan lain sebagainya yang tersedia di dalam aplikasi dapat membantu pasien untuk menyimpan data-data terkait kesehatannya, dan menyampaikannya kepada dokter saat konsultasi online berlangsung. Data yang terekam di aplikasi dapat membantu para perawat, dokter, dan seluruh tenaga kesehatan yang terlibat dalam upaya kesembuhan pasien, kapanpun dan dimanapun.


Dari segi waktu dan tenaga, aplikasi kesehatan online terbukti mampu meningkatkan efisiensi dari segi pelayanan pasien. Para tenaga kesehatan dapat melayani dan mengontrol banyak pasien dalam waktu yang cukup singkat, yang secara otomatis juga dapat memberikan keuntungan bagi rumah sakit, karena tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak fasilitas untuk menunjang pasien. Kepuasan pasien pun juga dapat meningkat, karena hasil konsultasi yang didapatkan secara online sama dengan konsultasi yang biasanya dilakukan secara offline. Bahkan, pasien tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menghabiskan waktu hanya untuk sekedar berkonsultasi di rumah sakit.


Konsultasi online juga dapat mengurangi tingkat keterpaparan dan risiko tertular penyakit akibat datang ke rumah sakit, apalagi di tengah pandemi di mana rumah sakit menjadi tempat persebaran virus paling banyak. Pasien juga akan lebih mudah untuk menjaga kondisinya dengan istirahat yang cukup di rumah, karena pelayanan kesehatan yang sudah mampu memantau mereka dari jarak jauh. Tingkat kesadaran pasien untuk selalu hidup sehat juga akan meningkat karena mereka tidak tergantung dengan dokter. Apabila ada keluhan, pasien juga dapat mengajukan pertanyaan dan keluhan langsung dari aplikasi, untuk mendapatkan resep dan mendapatkan pengobatan lebih cepat. Keuntungan-keuntungan inilah yang membuat aplikasi konsultasi kesehatan online mulai popular di kalangan masyarakat maupun dokter.


Apa saja yang Dibutuhkan Saat Melakukan Konsultasi Kesehatan Secara Online?

Sederhananya, apabila masyarakat ingin melakukan konsultasi kesehatan secara online, perangkat yang dibutuhkan cukup smartphone, tablet, atau komputer dengan fitur yang mendukung layanan pesan teks, telepon dan video call. Pastikan microphone dan kamera menyala dengan baik. Selanjutnya, pastikan smartphone sudah memiliki koneksi internet yang baik, agar konsultasi dapat berjalan dengan lancer. Terakhir, yang paling penting, sediakan tempat yang nyaman dan tenang, agar apabila sewaktu-waktu dibutuhkan panggilan video, pasien telah siap dan dokter atau tenaga kesehatan dapat melihat kondisi pasien dengan jelas.


Tahapan konsultasi secara online juga tak jauh berbeda dengan konsultasi offline pada umumnya, yakni sebagai berikut:

  1. Dokter atau perawat akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang kondisi kesehatan untuk menentukan perawatan terbaik, sesuai dengan gejala yang muncul. Pasien juga bebas mengajukan beberapa pertanyaan kepada dokter atau perawat agar lebih jelas,

  2. Setelah menjelaskan kondisi yang dialami, dokter atau perawat akan menjelaskan penyebab dari gejala atau penyakit yang diderita,

  3. Setelah mengetahui gejala atau penyakit, dokter akan menentukan perawatan seperti apa yang cocok, dan apabila gejala yang dialami cukup kronis, maka dokter akan memberikan rujukan ke rumah sakit atau klinik terdekat.

  4. Lalu, dokter akan memberikan resep. Beberapa aplikasi kesehatan bahkan menyediakan layanan pembelian obat secara online yang dapat diantar langsung ke rumah. Pemberian resep tersebut juga diikuti dengan aturan penggunaan yang dijelaskan oleh dokter melalui pesan teks atau video call. Dokter juga akan memberikan saran apotik-apotik terdekat yang bisa dipilih untuk menebus resep yang telah diberikan.

  5. Setelah rangkaian konsultasi online selesai, dokter akan menjelaskan apakah perlu dilakukan kontrol atau tidak, dan pasien juga dapat langsung menentukan jadwal yang sesuai untuk melakukan kontrol tersebut.



Layanan konsultasi kesehatan secara online ini dapat memberikan banyak keuntungan, baik dari segi waktu, tenaga, maupun efisiensi pelayanan. Untuk itu, rumah sakit dan fasilitas kesehatan dapat segera memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan online berbasis Internet of (Medical) Things ini demi pelayanan yang lebih baik.

8 views0 comments