top of page

Electronic Medical Record Adoption Model (EMRAM)

EMRAM, atau Electronic Medical Record Adoption Model, adalah suatu model yang digunakan untuk menilai dan mengukur tingkat adopsi serta penggunaan sistem rekam medis elektronik (Electronic Medical Records, EMR) di fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. EMRAM dibuat oleh Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS), sebuah organisasi yang berfokus pada teknologi informasi kesehatan.



Model ini membantu fasilitas kesehatan mengidentifikasi sejauh mana mereka telah mengintegrasikan teknologi EMR dalam praktik pelayanan kesehatan mereka. EMRAM terdiri dari tujuh tingkat, di mana setiap tingkat mencerminkan tingkat kedewasaan dalam adopsi EMR. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai masing-masing tingkat dalam EMRAM:

  1. Tingkat 0 - Tidak Ada EMR (No EMR): Pada tingkat ini, fasilitas kesehatan tidak menggunakan EMR sama sekali. Semua data medis masih dicatat dalam format fisik, seperti catatan tertulis.

  2. Tingkat 1 - Rekam Medis Elektronik Terbatas (Limited EMR): Pada tingkat ini, fasilitas telah memulai penggunaan EMR, tetapi biasanya hanya digunakan untuk beberapa fungsi dasar, seperti pencatatan dasar pasien.

  3. Tingkat 2 - Penggunaan EMR untuk Fungsi Dasar (Basic EMR): EMR digunakan lebih luas di tingkat ini. Fasilitas mungkin menggunakan EMR untuk catatan medis, resep, dan fungsi dasar lainnya.

  4. Tingkat 3 - EMR Substansial di Beberapa Area (Substantial EMR): EMR digunakan secara substansial di beberapa area fasilitas. Ini bisa mencakup beberapa departemen, seperti departemen radiologi atau laboratorium.

  5. Tingkat 4 - EMR Substansial di Seluruh Fasilitas (Full EMR): EMR digunakan secara substansial di seluruh fasilitas. Ini mencakup berbagai fungsi dan departemen, seperti administrasi, pendaftaran pasien, manajemen janji, dan catatan medis.

  6. Tingkat 5 - Integrasi EMR Secara Menyeluruh (Full EMR): Pada tingkat ini, EMR telah terintegrasi secara menyeluruh di seluruh fasilitas. Ini berarti EMR digunakan sebagai satu sistem yang menghubungkan semua departemen, dan data pasien dapat dengan mudah diakses dan dibagikan di seluruh fasilitas.

  7. Tingkat 6 - Integrasi dengan Sistem Eksternal (Full EMR): Ini adalah tingkat tertinggi dalam EMRAM. EMR diintegrasikan dengan sistem eksternal, seperti pusat medis lain, sistem perawatan kesehatan di luar fasilitas, dan penyedia layanan kesehatan lainnya.

Setiap tingkat dalam EMRAM mencerminkan tingkat adopsi dan integrasi EMR yang semakin tinggi di fasilitas kesehatan. Pencapaian tingkat yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan koordinasi perawatan pasien. Fasilitas kesehatan dapat menggunakan EMRAM untuk mengevaluasi tingkat kedewasaan mereka dalam penggunaan EMR dan merencanakan langkah-langkah perbaikan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan mereka.


13 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page