top of page

7+ Rekomendasi EHR Software Terbaik di Tahun 2024!


ehr software

Sumber: freepik.com


Saat ini, industri medis atau pelayanan kesehatan telah bermigrasi dari pencatatan yang berbasis pada kertas ke metode penyimpanan informasi atau catatan digital dalam bentuk catatan kesehatan elektronik atau EHR (Electronic Health Record).


EHR merupakan inti dari pelayanan kesehatan modern di negara maju. Sistem EHR sendiri telah diadopsi secara massal di negara-negara seperti Australia (92%), Selandia Baru (97%), Inggris (97%), dan Belanda (98%).


Banyaknya manfaat yang didapatkan jika suatu pelayanan kesehatan menggunakan EHR, tentunya membuat kita penasaran apa saja EHR software yang bisa kita gunakan? Berikut rekomendasi EHR software yang bisa dijadikan sebagai acuan. Simak informasinya sampai habis, ya!


Apa Itu EHR Software?


EHR software merupakan suatu platform elektronik yang mampu menampung salinan digital berupa catatan kesehatan pasien. catatan pasien yang dimaksud di antaranya adalah diagnosa pasien, resep, riwayat kesehatan, hasil tes laboratorium, catatan kemajuan pasien, hingga catatan imunisasi.

Platform EHR software ini membantu kita sebagai profesional kesehatan dapat berkolaborasi antar departemen dan organisasi. Selain itu, sistem ini juga mampu mengurangi kesalahan medis, mampu menyimpan dan mengakses catatan pasien dengan lebih mudah, serta bisa menghindari potensi bahaya.


DHealth yang dikembangkan oleh PT Citraraya Nusatama dalam naungan Docotel Grup merupakan aplikasi perangkat lunak yang berbasis web-based dan Open API (Application Programming Interface) menyediakan SIMRS.


DHealth menawarkan benefit yang holistik kepada setiap rumah sakit, mulai dari peningkatan dalam hal pelayanan kepada pasien, sampai kepada produktivitas pekerja rumah sakit. SIMRS Dhealth telah memiliki sistem yang memungkinkan rumah sakit lebih mudah dalam menangani pencatatan secara digital dengan lebih efektif dan efisien.


Rekomendasi EHR Software Terbaik



ehr software

Sumber: freepik.com


Berikut ini rekomendasi EHR software untuk penyedia layanan kesehatan:


  • ESDM Epic

Epic merupakan salah satu rekomendasi EHR software yang menjadi platform rekam medis elektronik lengkap yang mampu melakukan semuanya. EHR software Epic mampu memudahkan pengelolaan seluruh alur kerja medis dalam satu sumber data yang valid.

 

Melalui EHR software yang satu ini, maka rumah sakit ini dapat memproses data dalam jumlah yang besar dengan lebih efisien dan juga cepat. Desain yang dibuat pada software ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pasien dalam melakukan konsultasi secara virtual, rujukan spesialis, pemeriksaan asuransi, dan juga pemantauan secara jarak jauh.

 

Di sisi lain, setiap pasien bisa mengakses riwayat Kesehatan mereka, memberikan peringatan, dan juga bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi seluler, baik iOS maupun Android.


  • Praxis ESDM

Rekomendasi EHR software yang selanjutnya adalah Praxis. EHR software yang satu ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menemukan pola dalam diagnosis pasien. dengan begitu kita bisa menangani pasien dengan lebih cepat dan tetap memperhitungkan situasinya secara tepat.


  • Kareo Clinical

Kareo Clinical menjadi rekomendasi EHR software yang selanjutnya. Kareo Clinical merupakan sistem kesehatan elektronik yang dirancang untuk bisa membantu para praktisi medis dalam mengelola seluruh alur kerja mereka dengan lebih teratur. 

 

EHR software yang satu ini menawarkan beberapa keunggulannya seperti, dashboard yang komprehensif yang berisi KPI, tugas, dan bagan. Selain itu juga software ini membuat portal pasien secara aman, sehingga pasien bisa melihat catatan Kesehatan, rencana perawatan, serta dokumen. Selain itu juga terdapat portal penagihan untuk melakukan pembayaran secara online.

 

EHR software yang satu ini juga mendukung adanya pembayaran secara transfer, lalu pasien juga bisa menyimpan bukti pembayarannya.


  • Meditech Expanse

Rekomendasi EHR software yang selanjutnya adalah Meditech Expanse. Di mana software ini menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk membantu dalam pelayanan kesehatan secara lebih mudah.

 

Fitur yang dimilikinya seperti dapat membuat dan berbagi resep antar departemen dalam platform yang lengkap. Selain itu, software ini juga menyediakan informasi tentang alergi, kontradiksi serta potensi reaksi pada suatu obat dalam hal proses pemberian resep.

 

Fitur pada software ini juga memberikan kepada pasien akses yang sangat mudah untuk mereka melihat riwayat kesehatan mereka. EHR software ini juga memudahkan dalam membuat janji bertemu dan pembuatan resep.

 

Selain itu, kita juga bisa melakukan konsultasi dan memantau kondisi vital pasien secara virtual, termasuk dalam tekanan darah, detak jantung, serta kadar glukosa.


  • Cerner

Cerner merupakan platform EHR yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada pelayanan kesehatan dengan skala yang besar dan jumlah karyawan yang di atas rata-rata. Karena berskala besar, maka mampu menangani pelanggan dalam jumlah yang sangat besar.

 

EHR software yang satu ini menawarkan beberapa kelebihannya seperti, dokumen klinis yang lengkap, di mana penyedia layanan kesehatan dapat mendokumentasikan setiap pertemuan pasiennya dengan cepat. Adanya penggunaan template dan alur kerja sehingga bisa menyederhanakan proses, mengurangi kesalahan, dan menghemat waktu.

 

Software ini juga memiliki kemampuan perawatan pasien secara virtual, yang menghubungkan antara pelayanan kesehatan dengan pasien. hal ini berfungsi untuk memantau pasien dan konsultasi secara jarak jauh.


  • NextGen

Rekomendasi EHR software yang selanjutnya adalah NextGen. Software ini menawarkan berbagai alat teknologi Kesehatan yang berfungsi untuk menyederhanakan komunikasi dengan pasien, penagihan, pelaporan, serta berbagai data antar penyedia layanan kesehatan.

 

Selain itu, software ini juga membantu dalam menyediakan pra-kualifikasi pasien, memverifikasi asuransi mereka, menjadwalkan dan mengadakan konsultasi secara virtual, meresepkan obat, dan juga pengajuan klaim kepada pihak asuransi.


  • eClinicalWorks

Rekomendasi EHR software yang selanjutnya adalah eClinicalWorks. EHR software ini menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk bisa membantu para dokter maupun kita sebagai penyedia layanan Kesehatan.

 

eCW ini dirancang untuk membantu para dokter beralih dari penggunaan kertas ke EHR. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah terhubung dengan apotek, laboratorium, maupun spesialis lainnya yang ada di dalam rumah sakit.

 

Melalui EHR software ini, maka dokter bisa menjadwalkan janji bertemu dengan pasien, mengumpulkan data pasien, menyimpan catatan medis dengan lebih akurat, dan juga bisa membagikannya ke departemen lain seperti apotek.


  • AthenaHealth

aAthenahealth adalah salah satu rekomendasi EHR software yang menawarkan praktik yang modern dalam hal pencatatan medis. Dengan begitu, pasien bisa mendapatkan pengalaman berobat dengan lebih baik.

 

EHR software ini juga menyediakan fitur yang bisa digunakan pada aplikasi seluler, pengalaman yang lebih baik, dan juga memiliki sistem penagihan yang mampu mengelola siklus pendapatan pada suatu layanan kesehatan.


Fitur Utama Untuk Sistem EHR yang Efektif


ehr software


Sumber: freepik.com


Terdapat beberapa fitur penting yang diperlukan untuk bisa memberikan hasil yang terbaik dalam EHR:


  • Kustomisasi dan fleksibilitas EHR

Menemukan EHR yang dilengkapi dengan fleksibilitas dan pilihan dalam penyesuaian adalah hal yang sangat penting. Jika tidak, mungkin kita mungkin bisa menemukan kendala yang seharusnya bisa menjadi solusi, malah menciptakan masalah yang bisa menghambat efisiensi.


  • Keterlibatan pasien

Salah satu fitur yang paling canggih dari sistem EHR adalah kemampuannya dalam melakukan interaksi dengan pasien secara lebih efektif dan juga efisien. Melalui portal penggunaan pasien dan juga fitur komunikasi pasien yang ada secara otomatis, maka penyedia layanan kesehatan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Dengan begitu layanan kesehatan menjadi lebih efisien.


  • Integrasi sistem

Kostumisasi dan fleksibilitas tidak hanya pertimbangan front-end saja. Tetapi juga kemampuan untuk berintegrasi dengan sistem yang ada menjadi suatu keharusan. Meskipun sistem EHR menawarkan banyak fitur, tapi jika tidak bisa diintegrasikan dengan rumah sakit dan sistem layanan kesehatan, maka hal itu tidak ada gunanya.


  • Analisis prediktif dan deskriptif

Masa depan layanan kesehatan adalah analisis prediktif. Walaupun banyak yang berasumsi kalau hal ini hanya asumsi yang mengacu pada penggunaan AI saja untuk memprediksi pasien, padahal pembahasannya lebih luas lagi.

 

Beberapa cara analisis prediktif yang bisa digunakan dalam mempengaruhi perawatan di antaranya bisa membandingkan data pasien dengan data demografi untuk bisa memprediksi tingkatan risiko pada pasien saat melakukan rehabilitas. Selain itu juga harus bisa memprediksi tingkat kesembuhan untuk menangani luka kronis. Selain itu juga harus bisa untuk mengidentifikasi intervensi pengobatan yang kemungkinannya paling besar untuk berhasil.


Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih EHR Software 


Terdapat beberapa variabel yang perlu kita perhitungkan, saat tengah mencari EHR software yang tepat. Sebab pemilihan software ini merupakan jangka panjang, sehingga penting untuk kita memilih platform yang bisa melayani kebutuhan pelayanan kesehatan dengan baik. Berikut hal yang perlu diperhatikan:


  • Pengalaman industri

Bekerja sama dengan vendor perangkat lunak yang memiliki rekam jejak yang terbukti baik dalam pelayanan kesehatan dengan pengalaman bertahun-tahun menjadi hal utama untuk dipertimbangkan.

 

Misalnya saja SIMRS DHealth yang telah diluncurkan sejak tahun 2018 dalam naungan Docotel Group. SIMRS DHealth ini merupakan aplikasi software yang berbasis pada web-based dan Open API yang dikembangkan melalui sebuah pendekatan holistic. Mulai dari kapasitas bisnis sampai dengan sistem fungsional yang telah mematuhi regulasi pemerintah Indonesia. Selain itu juga sudah memenuhi standar Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terkait hal administrasi data dan rekam medis pasien.


  • Pengalaman pengguna

Antarmuka pengguna sistem EHR software akan sangat bertanggungjawab atas keberhasilan atau tidaknya sebuah integrasi. Maka, kita harus memilih EHR software yang intuitif untuk digunakan dengan layanan yang sederhana.

 

Pasalnya, para petugas medis di pelayanan kesehatan akan menggunakan EHR software secara terus menerus, berjam-jam dalam setiap harinya, sehingga penerapan EHR software ini bisa saja gagal jika mereka kesulitan dengan alur kerja pada software tersebut. Sehingga dalam memilih EHR software harus yang ramah pengguna dan mudah untuk dipelajari.


  • Dapat disesuaikan

Kemampuan dalam menyesuaikan antarmuka dengan EHR software menjadi hal yang penting dalam penerapannya di rumah sakit atau pada layanan Kesehatan lainnya. Setiap layanan kesehatan tentunya memiliki prosedur dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga penggunaan EHRnya spesifik.

 

Kita harus memilih EHR software yang bisa menjadi solusi fleksibel yang memungkinkan untuk kita melakukan konfigurasi dengan lebih fungsional.


  • Perlindungan kepatuhan

Perangkat EHR software yang kita pilih harus bisa memberikan kemampuan dokumentasi yang efisien dan juga akurat kepada penggunanya. Pilihlah software yang memiliki sistem proaktif dan berbasis pada layanan, yang memang dirancang untuk mengarahkan setiap pengguna ke jalur yang tepat.

 

Dalam hal audit, sangat penting untuk memilih EHR software yang mempunyai kemampuan dalam melacak informasi histori yang lengkap. Selain itu, vendor EHR juga harus memiliki reputasi yang kuat dalam industri layanan kesehatan.


  • Keamanan pasien

Dalam memilih salah satu dari rekomendasi EHR software, penting bagi kita untuk memperhitungkan berbagai hal yang berkaitan dengan keamanan setiap dat pasien yang kita miliki. Misalnya saja memperhitungkan dalam hal serangan terhadap ransomware, malware, dan juga para peretas.


  • Integrasi data

Pastikan bahwa rekomendasi EHR software yang akan digunakan mampu melakukan sinkronisasi informasi layanan Kesehatan, catatan pasien, informasi tentang obat, resep, dan sebagainya. Baik itu informasi data antar departemen maupun antar organisasi layanan Kesehatan.

 

Interoperabilitas yang baik bisa meningkatkan efisiensi dan juga memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap data pasien.


  • Evaluasi kemudahan penggunaan

Penting bagi kita untuk memilih rekomendasi EHR software yang mudah untuk digunakan oleh para karyawan. Sistem yang kompleks dan sulit untuk dipahami tentunya bisa mengganggu produktivitas dan juga bisa meningkatkan waktu pelatihan yang diperlukan.

 

Maka, carilah sistem dengan antarmuka yang intuitif dan proses navigasinya sederhana.


  • Evaluasi biaya

Hitunglah biaya total kepemilikan EHR software, termasuk dalam hal biaya implementasi, lisensi EHR software, pemeliharaan, dan dukungan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa sistem EHR tersebut sudah sesuai dengan anggaran dan mampu memberikan nilai yang baik sesuai dengan fitur serta manfaat yang ditawarkan.


Kesimpulan


Itulah macam-macam rekomendasi HER software yang bisa dijadikan pilihan. Secara keseluruhan, penting untuk layanan kesehatan menggunakan EHR software yang tepat, sehingga bisa memberikan hasil yang efisien. Pertimbangan dalam memilih HER software yang tepat bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan layanan rumah sakit yang kita kelola.


Memilih EHR software yang tepat tentunya dapat membantu kita dalam meningkatkan efisiensi, kualitas dalam hal pelayanan, kepatuhan, keamanan, kolaborasi, dan juga produktivitas dalam praktik atau rumah sakit yang kita kelola.


Penulis: Nurul Ismi Humairoh

4 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page