top of page

Bagaimana SIMRS Dhealth terintegrasi dengan PACS ?



Pesatnya permintaan dan penggunaan PACS di Rumah Sakit Di Indonesia menuntut SIM RS untuk bisa terintegrasi . Beberapa point penting disaat melakukan Integrasi PACS dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (HIS) :

  1. Interoperabilitas Standar: Penting untuk memastikan bahwa PACS dan HIS menggunakan standar interoperabilitas yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain. Standar yang umum digunakan termasuk DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) untuk gambar medis dan HL7 (Health Level Seven) untuk pertukaran informasi pasien. Dengan menggunakan standar ini, sistem dapat saling berkomunikasi dengan lancar tanpa masalah kompatibilitas.

  2. Integrasi Antarmuka Pengguna (GUI): Biasanya, integrasi antara PACS dan HIS mencakup pengembangan antarmuka pengguna yang terpadu. Ini memungkinkan tenaga medis untuk mengakses fitur-fitur kunci dari kedua sistem tanpa harus beralih antar muka pengguna. Contohnya adalah menambahkan tombol atau link di dalam HIS yang langsung membuka gambar medis yang terkait dari PACS.

  3. Sinkronisasi Data Pasien: Informasi pasien dari HIS, seperti nama, nomor rekam medis, riwayat medis, dan hasil tes laboratorium, harus terhubung secara langsung ke PACS. Ini memastikan bahwa saat dokter memeriksa gambar medis pasien, mereka memiliki akses langsung ke informasi yang relevan dari rekam medis pasien.

  4. Integrasi Worklist: Integrasi antara PACS dan HIS memungkinkan pembuatan daftar kerja (worklist) terpusat yang dapat diakses oleh petugas medis. Worklist ini dapat menampilkan pemeriksaan gambar medis yang harus dilakukan berdasarkan pesanan yang masuk dari HIS. Dokter atau teknisi radiologi dapat mengakses worklist ini dari PACS dan menyelesaikan pemeriksaan gambar medis dengan mudah.

  5. Pelaporan Hasil: Setelah pemeriksaan gambar medis selesai, hasilnya harus secara otomatis dikirim kembali ke HIS dan terhubung dengan rekam medis pasien. Hal ini memastikan bahwa hasil pemeriksaan gambar medis tersedia secara langsung di rekam medis pasien dan dapat diakses oleh seluruh tim perawatan kesehatan.

  6. Audit Trail dan Keamanan Data: Integrasi antara PACS dan HIS juga harus memperhitungkan audit trail untuk melacak akses dan perubahan data pasien serta keamanan data. Sistem ini harus mematuhi peraturan privasi kesehatan seperti HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act) di Amerika Serikat atau peraturan serupa di negara lain.

  7. Pelatihan Pengguna: Pengguna PACS dan HIS perlu dilatih tentang cara menggunakan integrasi antara kedua sistem dengan efektif. Ini termasuk cara memesan pemeriksaan gambar medis dari HIS, mengakses gambar medis dari PACS, dan memahami bagaimana data diintegrasikan di antara keduanya.

Dengan mengimplementasikan integrasi yang baik antara PACS dan HIS, fasilitas kesehatan dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pasien, dan memastikan bahwa perawatan yang diberikan sesuai dengan standar tertinggi.

7 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page